Bagaimana Cara Menjadi SPG Professional?

Home / Blog / Bagaimana Cara Menjadi SPG Professional?

spg event professional

Sebuah event tidak lepas dari peran sales promotion girl (SPG). Dengan parasnnya yang cantik dan kepandaiannya menjual produk, para SPG event berjuang untuk memberikan kontribusi dalam penjualan. Bisa dibilang, hampir semua wanita bisa menjadi SPG event Namun, tidak semua wanita bisa menjadi SPG yang professional. Lalu, apa sih bedanya SPG event biasa dengan SPG event professional?

Banyak kaum wanita yang berlomba-lomba untuk bisa menjadi SPG evet yang professional. Bahkan tidak jarang dari mereka yang rela jauh-jauh dating dari daerah untuk bisa bersaing dengan SPG event di jakarta.

Lantas apa yang mereka cari dari SPG professional?

Tidak bisa dipungkiri, seorang SPG professional berpenghasilan lebih dari 1 juta perhari untuk event skala nasional. Bayangkan apabila 1 bulan penuh jadwal mereka penuh untuk jadi spg di suatu event. Makan kurang lebih sekitar 30 juta ia kantongi dalam sebulan. Angka tersebut tentunya terbilang sangat tinggi bila dibandingkan hanya menjadi SPG biasa.

Tidak hanya alasan bayaran, tapi prestasi juga menjadi motivasi bagi mereka untuk bisa menjadi SPG professional. Bisa ikut berkecimpung dalam suatu event besar menjadi kebanggaan sendiri bagi seorang SPG. Dengan pengalaman berharganya tersebut, hal itu bisa dijadikan alat negosiasi untuk menaikan tariff spg tersebut di event berikutnya.

Untuk menjadi seorang SPG Event professional tidaklah mudah. Tidak hanya sebatas berpenampilan menarik, seorang spg event professional membutuhkan skill komunikasi yang baik. Seorang spg yang bermodal penampilan saja sangat kecil kemungkinan untuk bisa menjual produk dari suatu perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan skill komunikasi untuk ikut berkontribusi menjual produk dari perusahaan tempat dia magang.

Profesi SPG professional memang menggiurkan, lantas bagaimana caranya saya menjadi SPG professional?

Untuk menjadi seorang spg even professional, tentu ada kriteria khusus yang harus dipenuhi. Syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah berwajah cantik, berbadan ideal dan tinggi, komunikatif dan berkomitmen. Sebagian besar orang mungkin telah memiliki sebagian besar kriteria tersebut, tapi tidak semua orang memiliki komitmen terhadap apa yang mereka kerjakan. Tidak jarang seorang spg bekerja secara malas-malasan dan hanya berdiri tanpa melakukan tindakan persuasife kepada calon customer.

Beberapa contoh tindakan yang harus dihindari adalah soal disiplin waktu. Beberapa spg malah telat datang tapi ingin pulang lebih awal. Bahkan saat jam kerja malah santai-santai sementara pengunjung ramai. Atau kasarya, sudah dibayar mahal-mahal tapi kualitasnya mengecewakan. Itulah kata-kata yang sering keluar dari pihak agency dan pemilik brand.

Maka dari itu, sebelum anda memulai pekerjaan sebagai spg, hal pertama yang perlu anda tanamkan dalam diri anda adalah komitmen yang kuat. Karena komitmen merupakan pondasi utama anda untuk menjadi SPG professional. Memang tidak mudah untuk menjadi spg professional, banyak rintangan yang harus anda lalui dan butuh jam terbang yang tinggi.